Tim Sekerup

Purwarupa “sekrup SS316L-pure Fe terdegradasi sebagian” merupakan produk hasil penelitian kerjasama institusi multinasional antara Indonesia, Malaysia dan Canada. Kerjasama antara peneliti dari Universitas Muhammadiyah Riau, Institut Pertanian Bogor, Universiti Teknologi Malaysia, dan Laval University Canada. Desain, karakterisasi in-vitro, uji ex-vivo dan uji in-vivo menunjukkan bahwa purwarupa sekrup tulang SS316L-pure Fe hasil pengelasan putar aman untuk digunakan dan dapat terdegradasi dalam tubuh.

Pengembangan sekrup tulang SS316L-pure Fe dimaksudkan untuk mencegah tulang dari kejadian patah kembali akibat lubang pascapencabutan sekrup dalam pemasangan plat tulang. Bagian berbahan pure Fe ditinggalkan dalam tulang, sedangkan bagian SS316L diangkat disaat tulang telah mengalami persembuhan.

SCMs_2017

Hasil kajian tersebut telah terpublikasi di SCIENCE CHINA Materials yang diterbitkan oleh kerjasama Science China Press dengan Springer-Verlag Berlin Heidelberg dan dapat diakses secara bebas untuk khalayak ramai. Semoga hasil karya tersebut dapat memberikan manfaat dalam rangka bertumbuhnya industri implan medis nasional.

Terima kasih disampaikan kepada banyak pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan purwarupa sekrup tulang SS316L-pure Fe terdegradasi sebagian. Terima kasih juga disampaikan kepada Kementrian Pendidikan Tinggi Malaysia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Natural Sciences and Engineering Research Council of Canada (NSERC) atas dukungan pendanaan selama proses pengembangan.