Teknologi pencitraan ultrasonografi memiliki peranan penting dalam manajemen kesehatan pada ular sanca. Struktur sistem organ di dalam tubuh seperti jantung dan hepatobiliari dapat dipantau secara non-invasif menggunakan teknologi ultrasonografi.

Hepatobiliari sanca

Gambar 1 Sonogram kelenjar empedu (KE) secara longitudinal pada ular sanca batik (A), sanca bodo (B), sanca bola (C) dan secara transversal pada ular sanca batik (A’), sanca bodo (B’), dan sanca bola (C’). Keterangan: pankreas (Pn) dan limpa (Li).

Pencitraan organ hepatobiliari telah dipublikasi di ARSHI vet lett 1(2):29-30, 2017 dan dapat dilihat lebih detil melalui LINK.

Echo Sanca

Gambar 2 Sonogram jantung saat sistol dan diastole pada (A) sanca batik (Malayopython reticulatus) posisi pandang longitudinal, (B) sanca bodo (Python bivittatus) posisi oblik, dan (C) sanca bola (Python regius) posisi transversal.

Pencitraan organ jantung telah dipublikasi di Buletin Veteriner Udayana 11(1):1-6, 2019 dan dapat dilihat lebih detil melalui LINK.

Terima kasih kepada tim penelitian sanca dan kepada PT Karindo Alkestron yang telah menyediakan perangkat ultrasonografi serta Taman Reptil Taman Mini Indonesia Indah dan para penghobi Sanca yang telah mengijinkan dilakukan pencitraan dalam penelitian ini.